Rabu, 25 Mei 2011

Wow! KB Pria di Situbondo Pecahkan Rekor MURI

Rekor peserta KB pria terbanyak dipecahkan Pemkab Situbondo, Jawa Timur. Dalam dua hari, 340 pria mendapat layanan KB medis operasi pria (MOP) atau vasektomi. Rekor ini dicatat oleh Museum Rekor Indonesia (MURI).

"Kegiatan pemecahan rekor MURI pelayanan KB Pria, di Situbondo Jawa Timur pada hari Jumat tanggal 13 Mei 2011, tepatnya di Pendopo Kabupaten Situbondo Jawa Timur, dengan inisiator Pangdam V/ Brawijaya dan Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Timur," ujar Humas Badan Koordinasi Keluarga Berencana (BKKBN) Uung Purnama dalam keterangan tertulisnya kepada detikcom, Sabtu (14/5/2011).

Kepala BKKBN Sugiri Syarief dalam keterangan pers itu menilai, kegiatan dukungan pelayanan KB Pria yang dicatat dalam Rekor MURI ini untuk mendorong para Pria agar ikut medukung dan menjadi peserta KB. Karena selama ini diasumsikan urusan KB adalah urusan perempuan.

"Padahal urusan perencanaan keluarga adalah urusan pasangan suami-istri, dan demikian maka maka urusan KB juga urusan suami-istri," ucap Sugiri.

Tahun lalu Kabupaten Situbondo juga merebut rekor MURI dalam bidang yang sama karena memberi pelayanan pada 290 akseptor KB MOP. Terkait kegiatan layanan KB MOP 2011 di Situbondo, BKKBN juga mencatat prestasi dengan memecahkan rekor MURI untuk kategori pemrakarsa pemasangan MOP terbanyak.

BKKBN menilai, selama ini program MOP belum maksimal atau masih sulit karena beberapa hal seperti akses informasi yang terbatas dan salah, pelayanan MOP masih terbatas karena diberikan pada waktu tertentu, dukungan sosial budaya, adanya penafsiran agama dalam pendekatan halal dan haram program MOP, dan sejak otonomi motivasi kerja petugas atau penyuluh masih sangat rendah.

(Sumber) 

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants for single moms