Sabtu, 16 April 2011

Obyek Wisata Rengganis

Gunung Argopuro atau Rengganis merupakan salah satu wisata alam yang memiliki banyak puncak dan sejuta pesona yang belum terungkap. Beberapa puncak disini mempunyai struktur geologi tua dan sebagian yang lainnya lebih muda. Puncak Argopuro atau Rengganis berada pada ketinggian 3.088 m dari permukaan laut. Untuk mendaki hingga sampai ke puncak ada beberapa jalur yang bisa kita lalui, antara lain lewat Desa Baderan, Kecamatan Sumber Malang, Kabupaten Situbondo atau lewat Desa Bremi, Kabupaten Probolinggo. Tetapi dianjurkan lewat Desa Baderan, karena lebih cepat aksesnya untuk sampai ke Puncak Rengganis. Untuk dapat mencapai puncak Rengganis yang memiliki pesona eksotik dan nilai historis ini, setelah kita berjalan kurang lebih 4 jam rnelalui perkebunan Damar dan hutan tropis serta menelusuri jalan setapak, maka kita menemui lapangan terbang bernama ‘Si Kasur’. Lapangan terbang ini, konon peninggalan Koloneal Belanda. Di lokasi ini biasanya kita dapat mendirikan tenda dan bermalam di sekitar lapangan. Setelah kita bermalam di tempat ini, pagi harinva, kita dapat meneruskan pendakian dengan menempuh perjalanan sekitar 6 jam dan sampailah di Puncak Argopuro atau Puncak Dewi Renganis. 


Puncak Dewi Renganis ini, konon merupakan bekas kawah belerang dan menggandung nilai sejarah yang masih belum terungkap. Pada hari-hari biasa memang jarang Gunung Argopuro ini didaki orang, namun pada waktu-waktu tertentu seperti, saat liburan sekolah atau musim kemarau puncak Rengganis ramai dikunjungi pendaki yang datang dari berbagai daerah. Gunung Argopuro sesungguhnya gunung yang menarik, karena selain pemandangannya yang indah, gunung ini juga dikenal memiliki banyak peninggalan bersejarah dari jaman kerajaan sampai masa pendudukan Jepang. Hutan di kawasan Gunung Argopuro merupakan hutan yang masih asli dan kita masih bisa menyaksikan atau menyumpai binatang-binatang liar saat pendakian. Adapun binatang yang kita jumpai di daerah ini, seperti kijang, monyet, babi hutan, burung merak, ular, dan lainnya. Keelokan panorama Puncak Rengganis ini, jika dibandingkan puncak-puncak gunung lain yang ada di Wilayah Jawa Timur tidak kalah menariknya. Karena, selain puncak Dewi Rengganis ini mengandung nilai historis, pemandangan alamnya masih ‘perawan’ atau asri. Tak hanya itu saja yang ada di Puncak Dewi Rengganis, tapi kita juga akan menjumpai keunikan-keunikan alam yang tersimpan di sana, seperti bunga-bungaan yang warna-warni, air yang rasanya asam, manis dan asin serta keunikan yang tidak masuk akal dalam alam pikiran kita. Bagi para pelancong biasa mungkin merasa kesulitan untuk sampai ke Puncak Dewi Rengganis, namun bagi para pelancong yang cinta alam, tidak sulit untuk dapat menuju puncak Dewi Rengganis. Adapun sejuta pesona dan keistimewaan yang tersimpan atau terpedam di Puncak Dewi Rengganis ini, masih belum banyak diketahui orang. Namun, menurut keterangan warga setempat puncak Dewi Rengganis merupakan puncak yang sering memancararkan cahaya atau warna kebiru-biruan setiap hari-hari tertentu.

Baca kesan salah satu pengunjung. . .

Sejarah singkat
Cerita ini berawal dengan adanya sebuah pemandian berupa sungai kepunyaan seorang raja bernama Raja Mantri. Pada suatu hari, Raja Mantri pergi melihat-lihat pemandiannya, kebetulan waktu itu Dewi Rengganis dan para inangnya sedang mandi.

Dewi Rengganis adalah putri dari kayangan, karena terdorong oleh perasaan hatinya kemudian Raja Matri mengambil pakaian Dewi Rengganis. Alangkah terkejutnya sang Dewi karena pakaiannya sudah tidak ada pada tempatnya, inangnya disuruh untuk mencarinya akan tetapi tidak berhasil. Karena kesalnya Dewi Rengganis kemudian berkata barang siapa menemukan bajunya maka akan dijadikan saudara bila perempuan dan bila laki-laki akan dijadikan suami.
Semua perkataan Dewi terdengar oleh Raden Mantri kemudian dia keluar dari persembunyiannya. Untuk menepati janji, Dewi Rengganis bersedia menjadi istri Raden Raja Mantri.

Setelah menikah kemudian pemandian ini diserahkan kepada Dewi Rengganis. Sejak itu pemandian itu dinamakan Cirengganis dan sampai sekarang banyak orang yang masih percaya akan khasiat apabila mandi di sana.

Keindahan dan Keistimewaan
Para pengunjung tidak hanya dapat menikmati keindahan puncak gunung. Ada beberapa tempat yang sangat menarik untuk dapat dinikmati keindahan alam ya terhampar, antara lainnya:

telaga rengganis
air terjun rengganis

pantai pasir putih rengganis
situ patengan

2 komentar:

anthy mengatakan...

ijin copas pak, buat melengkapi koleksi obyek wisata di jawa timur...

Ade Yazid Hilmi mengatakan...

Keren gan. Mampir ya gan http://jejak2wisata.blogspot.com/2015/07/10-tempat-wisata-yang-recommended-di.html?m=1

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants for single moms