Sabtu, 16 April 2011

Indahnya Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih Situbondo, sesuai dengan namanya maka pantai ini terletak di Kabupaten situbondo Jatim. Sangatlah dikenal sebagai salah satu andalan wisata di kabupaten tersebut dan juga di provinsi jatim karena hamparan pasirnya yang putih bersih. Disamping itu pantai ini mempunyai morfologi yang bisa dibilang unik. Dengan topografinya yang melengkung menghadap ke laut dengan latar belakang hutan maka terpandang gugusan panorama yang sangat indah. Bilamana kita memandang ke arah utara, kita dapat melihat luasnya laut utara Jawa dengan garis putih di pinggir pantai, dan bila kita memandang di belakangnya, rimbunan hutan menyuguhkan kesejukan tersendiri bagi mata.
Pantai Pasir Putih Situbondo letaknya sangat strategis, yakni di pinggiran jalan utama Surabaya-Banyuwangi. Bagi wisatawan yang ingin menuju ke Bali dengan perjalanan darat dari Surabaya, atau bagi yang menuju kearah Gunung Bromo dari Banyuwangi, biasanya menyempatkan diri untuk mampir beristirahat dan menyaksikan keindahan panorama yang disuguhkan dan juga menikmati eloknya matahari terbenam.

Keistimewaan Pantai Pasir Putih Situbondo

Kita dapat melakukan berbagai macam olahraga laut seperti berenang, menyelam, maupun berselancar di pantai pasir putih ini. Bilamana anda enggan berenang, anda bisa menaiki perahu untuk berlayar dan menikmati pemandangan bawah laut.
Para nelayan biasanya pada bulan Oktober mengadakan upacara Petik Laut, yaitu melarung makanan, jajanan, dan kepala lembu ke tengah laut sebagai upaya memohon berkah hasil laut dari Tuhan. Pada saat upacara, biasanya juga dipentaskan musik Gandrung, yakni musik tradisional yang populer di Banyuwangi dan daerah sekitarnya.

Lokasi pantai Pasir Putih Situbondo

Pantai ini berada di Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.
Akses menuju Pasir Putih Situbondo
Akses menuju pantai pasir putih ini sangatlah mudah karena posisinya di pinggir jalan utama Surabaya Banyuwangi dengan jarak kurang lebih 170an km dari Surabaya atau sekitar 4 jam perjalanan menggunakan bus umum dari terminal Bungurasih Surabaya. Sementara dari kota Situbondo, Pantai Pasir Putih berjarak kurang lebih 21an km atau memakan waktu tempuh sekitar 30 menit dari pusat Kota Situbondo.
Selamat menikmati keindahan pantai pasir putih situbondo.

1 komentar:

Ahmad Sidik mengatakan...

Pantai sibon emang keren, lihat juga
misteri dan keindahan gunung kawi

top wisata di jawa timur yang menarik

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants for single moms