Sabtu, 16 April 2011

Air Terjun Setancak

Air terjun ini berada di desa Mojosari, kecamatan Asembagus, Situbondo.Dengan lama perjalanan kurang lebih 3 - 4 jam dari pusat kota. Nama air terjun Setancak diambil dari kata daerah setempat yaitu kata “Tancak “ (dalam bahasa Madura) yang artinya adalah air yang memancar.

Hal ini menggambarkan asal muasal terbentuknya air terjun Setancak yang keluar dari dalam tanah yang keluar tiba-tiba. Air terjun Setancak memiliki ketinggian ± 8 m dan lebar mencapai 10 m, jadi tidak mengherankan apabila air terjun Setancak memiliki debit alir 80 liter/detik.

Untuk mencapai obyek wisata ini Anda harus melakukan perjalanan sejauh 5 km dengan kendaraan roda empat, 3 km dengan kendaraan roda dua, dan sekitar ± 2 km berjalan kaki. Jadi bagi Anda yang menyukai wisata jalan kaki, obyek ini merupakan pilihan tepat.

Selain pemandangan air terjun, ditempat ini, Anda akan disuguhi dengan pemandangan menarik lainnya, yaitu populasi burung Walet disamping air terjun. Konon air terjun Setancak ini merupakan tempat pemandian burung-burung Walet itu

Kejadian menarik ini dapat Anda saksikan pada pukul 06.00 WIB (pagi) dan pada pukul 17.00 WIB (5 sore) hari.
Meskipun begitu, belum adanya kegiatan dan penggunaan promosi yang mencukupi menyebabkan keberadaan air terjun ini belum diketahui oleh para wisatawan lokal, nasional maupun internasional. Namun, karena belum tersentuh oleh banyaknya faktor manusia sehingga kealamian wisata alam ini dapat diperhitungkan untuk dapat melewatkan hari istirahat untuk berekreasi ke wisata air terjun ini.
Mari kita buktikan keindahan alamiahnya!!!

2 komentar:

Ryan Selalu Begini mengatakan...

Ah air tejunnya tu bukan di setancak...

strawberry mengatakan...

Emng fto asli air trjun setancak tu kyk pa?

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants for single moms